Ponidi Sebut AB Penanggung Jawab Tebang Karet Miliknya di Register 38.

Paradigma Baru.com – Lamtim

Hutan karet register 38 yang sedianya di peruntukan sebagai kawasan hutan penyangga di lingkungan wilayah yang berdekatan, saat ini nyaris gundul akibat ulah para perambah yang tidak menyadari efek buruk dari penggundulan hutan tersebut.

Seperti yang dilakukan oleh oknum perambah bernama Ponidi warga desa Sidorejo Kecamatan Sekampung udik Kabupaten Lampung timur, mengaku mengizinkan AB warga desa Bojong untuk mengelola penebangan kayu karet miliknya di wilayah desa Bojong tepatnya di dusun Bandung jaya.

Menurut Ponidi dirinya tidak pernah meminta izin kepada pihak desa maupun kepolisian, namun dirinya menyebut pernah meminta izin kepada petugas Polhut dan diperbolehkan, dan saat diminta wartawan menyebutkan nama sang oknum Polhut tersebut Ponidi mengaku tidak ingat.

“Sejak ditebang oleh orang suruhan AB saya belum pernah melihat kembali lahan milik saya”, rencana nya lahan yang sudah di tebang tersebut akan saya tanami pohon alfukat, jelasnya.

Tindakan perambahan tersebut mendapatkan sorotan dari Ketua Forum Rakyat Peduli Lingkungan Alam (Forpela) Provinsi Lampung Sudirman Hidayat, S.Sos, “Hutan lindung adalah penyangga kelestarian alam dan keberlangsungan hidup masyarakat maupun ekosistem di kawasan sekitar”, disamping itu di fungsikan juga sebagai paru-paru dunia, “kita harus menjaga kelestarian nya, untuk keberlangsungan hidup anak cucu kita kelak”, ungkapnya.

Terakhir dirinya berharap agar persoalan semacam ini tidak terulang kembali, untuk itu dirinya merasa perlu untuk segera berkoordinasi dengan pihak terkait, agar oknum yang tidak peduli hutan di proses sesuai dengan UU Kehutanan yang berlaku, hal itu sangat lah penting agar tidak terulang perusakan, perambahan hutan dan dapat menimbulkan efek jera, pungkas nya. (MAIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *